Jasa UKL UPL Surabaya – Alur Proses Perizinan UKL UPL di Kota Surabaya

Jasa UKL UPL Surabaya. Setelah pada artikel sebelumnya sudah dibahas secara panjang lebar tentang perizinan UKL UPL secara garis besar, maka pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk membedah secara lebih mendetail tentang proses perizinan UKL UPL di Kota Surabaya. Mulai dari tahap administrasi, kajian teknis sampai pada keluarnya rekomendasi persetujuan UKL UPL di Kota Surabaya. Kami juga mencoba untuk men-sharing-kan pengalaman kami selama bekerja di Badan Lingkungan Hidup Kota Surabaya selama kurang lebih dua tahun sehingga akan semakin memperkuat pembahasan pada topik kali ini.

Pada dasarnya perizinan UKL UPL berbeda dengan jenis perizinan lainnya karena UKL UPL berbentuk kajian lingkungan yang tentunya membutuhkan sebuah pembahasan yang nantinya tertuang di dalam sebuah dokumen / Buku. Dokumen UKL UPL berisi tentang informasi awal sekaligus perencanaan teknis tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan usaha baik menyangkut kesesuaian kegiatan usaha terhadap tata ruang dan tata bangunan, perencanaan kebutuhan air, listrik, tenaga kerja dan lain sebagainya. Selain itu dokumen UKL UPL juga berisi tentang prediksi teknis tentang dampak – dampak lingkungan yang berpotensi terjadi dan metode – metode pengelolaan serta pemantauannya. Rekomendasi persetujuan terhadap dokumen UKL UPL ini akan menentukan disetujuinya izin lingkungan untuk kegiatan usaha tersebut. Rekomendasi persetujuan dari dokumen UKL UPL ini juga akan menentukan persetujuan izin – izin lainnya seperti Izin Mendirikan Bangunan ( IMB ), Izin Gangguan ( Izin HO ) dan izin – izin operasional lainnya.

Sejak bulan Oktober 2013, Kota Surabaya sudah menerapkan sistem “single window” untuk pengurusan izin UKL UPL. Dengan sistem ini proses perizinan sudah menggunakan sistem online. Namun karena masih baru dalam penerapannya, masih banyak pemohon / pemilik kegiatan usaha yang masih mengajukan proses perizinan UKL UPL secara manual. Dalam artikel ini kami hanya akan membahas alur perizinan UKL UPL di Kota Surabaya dengan sistem baru yang sampai pada artikel ini di-publish masih berlaku di Badan Lingkungan Hidup Kota Surabaya.

Adapun tahapan – tahapan yang harus dilalui dalam proses perizinan UKL UPL di Kota Surabaya adalah :

1. Verifikasi Administrasi

Dalam tahap ini pemilik kegiatan usaha yang ingin mengajukan perizinan UKL UPL diwajibkan mengirimkan draft dokumen UKL UPL sesuai dengan kaidah penulisan yang tertuang dalam Permen LH No. 16 tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Dokumen Lingkungan Hidup. Selain itu, pemohon harus pula melampirkan dokumen – dokumen administrasi yang diperlukan. Dokumen – dokumen administrasi inilah yang akan diverifikasi oleh Badan Lingkungan Hidup Kota Surabaya. Secara umum dokumen administrasi yang diperlukan adalah :

  1. Copy Advice Planning / Draft SKRK / SKRK
  2. Copy Akta Tanah beserta akta jual beli / akta sewa menyewa jika ada
  3. Copy KTP Pemohon / pemilik kegiatan usaha
  4. Copy IMB beserta gambar ukuran sebenarnya ( jika ada )
  5. Copy Akta Pendirian Perusahaan beserta perubahannya ( jika atas nama perusahaan )
  6. Gambar ARS
  7. Copy Izin Operasional lainnya jika sudah ada

Dokumen – dokumen sebagaimana dimaksud di atas merupakan dokumen administratif dasar yang harus dipenuhi secara umum, ada beberapa kegiatan usaha spesifik yang harus melampirkan dokumen lainnya sesuai peraturan perundangan yang diberlakukan terhadap jenis kegiatan usaha tersebut. Misalkan UKL UPL Menara Telekomunikasi, maka ada beberapa dokumen tambahan yang harus dipenuhi yaitu Copy Izin Warga, Rekomendasi Cell Plan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Surabaya, Izin Ketinggian dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya dan perizinan lainnya sesuai dengan Peraturan Walikota Surabaya Nomor 40 tahun 2012 tentang Tata Cara Penerbitan Izin Mendirikan Bangunan Menara Telekomunikasi. Kegiatan usaha spesifik lainnya akan menyesuaikan peraturan lain yang mengikatnya.

Pada Tahap ini, Kota Surabaya dikenal ketat dalam pemenuhan persyaratan administrasi tersebut dibandingkan dengan beberapa daerah di Jawa Timur. Dokumen administrasi harus lengkap dan sesuai dengan kegiatan usahanya. Proses perizinan UKL UPL ini dapat berlanjut ketika sudah dinyatakan lolos pada tahap verifikasi administrasi ini.

2. Tahap Pemeriksaan Teknis

Contoh Surat Tanggapan Dokumen UKL UPL Surabaya, Jasa pengurusan UKL UPL Surabaya
Contoh Surat Tanggapan dari BLH Kota Surabaya

Awal Pada tahap ini staf BLH Kota Surabaya akan melakukan pemeriksaan teknis kualitas dokumen UKL UPL yang diajukan. Pemeriksaan akan mencangkup data perusahaan, tujuan penyusunan dokumen UKL UPL, informasi awal kegiatan usaha, kesesuaiannya dengan tata ruang, sampai kepada dampak – dampak yang ditimbulkan beserta metode pengelolaan dan pemantauannya. Tahap ini akan membutuhkan waktu sekitar 1 minggu sampai 2 minggu. Setelah pemeriksaan selesai, BLH Kota Surabaya akan mengembalikan dokumen UKL UPL yang masuk dan mengeluarkan surat tanggapan yang berisi hal hal yang perlu diperbaiki oleh pemohon / konsultan yang menanganinya. Revisi dokumen UKL UPL ini harus segera dilakukan dan diserahkan kembali kepada BLH Kota Surabaya.

3. Tahap Pemeriksaan Lanjutan

Pada tahap ini BLH Kota Surabaya akan memeriksa dokumen UKL UPL yang telah direvisi sesuai dengan Surat Tanggapan yang telah dikeluarkan. Pada Tahap Pemeriksaan lanjutan ini, dokumen akan diperiksa terbatas hanya pada revisi yang telah dilakukan sesuai dengan surat tanggapan BLH Kota Surabaya. Tidak ada pemeriksaan administrasi dan prosedur – prosedur yang harus dilalui pada tahap ini. Pemohon / konsultan yang menangani biasanya akan bertemu langsung dengan staf BLH Kota Surabaya untuk bersama – sama membahas revisi dokumen UKL UPL ini. Jangka waktu yang diperlukan pada tahap ini sekita satu minggu.

4. Sidang / Presentasi Pemaparan Dokumen UKL UPL

Tahap ini hanya akan dilaksanakan jika Badan Lingkungan Hidup Kota Surabaya beranggapan bahwa kegiatan usaha tersebut membutuhkan masukan / koordinasi dengan instansi – instansi lain serta dari masyarakat / tokoh masyarakat setempat. Sidang ini juga akan dilaksanakan hanya jika diperlukan pembahasan teknis lebih mendalam dan mendetail yang perlu dibahas bersama – sama dengan instansi – instansi / tokoh masyarakat terkait. Contoh kegiatan usaha yang perlu dilaksanakan sidang pemaparan dokumen UKL UPL ini adalah UKL UPL hotel dan penginapan yang mempunyai minimal 4 lantai, membutuhkan kajian drainase, kajian lalu lintas dan survey sosial. Sebaliknya, Sidang pemaparan dokumen UKL UPL tidak akan dilaksanakan apabila BLH Kota Surabaya menganggap bahwa kegiatan usaha tersebut sudah cukup melalui pemeriksaan internal BLH Kota Surabaya sebagaimana dijelaskan pada point 3 di atas.

5. Rekomendasi Persetujuan Dokumen UKL UPL

Rekomendasi persetujuan dokumen UKL UPL akan dikeluarkan oleh Badan Lingkungan Hidup Kota Surabaya apabila dokumen UKL UPL yang diajukan sudah melalui seluruh tahapan – tahapan di atas serta semua revisi telah dilaksanakan sehingga tidak ada perbaikan teknis lagi. Jangka waktu penerbitan rekomendasi persetujuan dokumen UKL UPL ini sekitar 1 minggu – 2 minggu.

6. Pengesahan Dokumen UKL UPL

Setelah keluar Surat Rekomendasi persetujuan UKL UPL dari BLH Kota Surabaya, dokumen final UKL UPL harus dijilid dan harus mendapatkan stempel pengesahan final sebagai tanda bukti bahwa dokumen tersebut sudah terdaftar dan tercatat dalam arsip Badan Lingkungan Hidup Kota Surabaya. Jangka waktu yang diperlukan pada tahap ini maksimal satu hari. Setelah itu Dokumen UKL UPL tersebut dapat digunakan untuk mengurus perizinan – perizinan berikutnya.

Jangka Waktu Penyusunan Dokumen UKL UPL di Kota Surabaya

Proses perizinan dokumen UKL UPL di Kota Surabaya menurut pengalaman kami sangat terbuka dan transparan. Dalam artian, ketika dokumen UKL UPL anda berkualitas dan telah sesuai dengan format penyusunan dokumen lingkungan hidup yang tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 16 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Dokumen Lingkungan Hidup, maka dokumen UKL UPL anda dapat diterbitkan rekomendasi persetujuannya. Namun jika dokumen yang anda buat dinilai kurang berkualitas dan terkesan asal – asalan maka perlu dilakukan proses revisi berulang – ulang sehingga terbitnya rekomendasi persetujuan akan semakin lama. Kami pernah banyak menangani client yang sebelumnya mempercayakan pengerjaan dokumen UKL UPL nya hanya ke Biro Jasa, akibatnya selama 8 bulan dokumen UKL UPL tersebut belum selesai malah tahapan prosesnya belum diketahui sampai pada tahap revisi ataukah belum diajukan sama sekali oleh biro jasa tersebut.

Company Profile Jasa Konsultan Lingkungan, Jasa UKL UPL Surabaya
Contact kami untuk mendapatkan Exclusive Company Profile Naztama Bumi Raya. 100% FREE !!!

Dari pengalaman para client kami di atas, kami berulang – ulang kali menyampaikan kepada para client kami bahwa penyusunan dokumen UKL UPL tidak dapat dikerjakan oleh sekedar biro jasa namun harus dan wajib hukumnya mempercayakan pengerjaan dokumen UKL UPL tersebut kepada konsultan lingkungan yang memang mempunyai kapabilitas dalam mengerjakannya. Untuk pengerjaan dokumen perizinan lainnya seperti misal IMB, SKRK, ataupun izin operasional lainnya dapat dikerjakan oleh biro jasa ataupun perseorangan. Namun untuk Pekerjaan Penyusunan Dokumen UKL UPL jangan pernah coba – coba untuk mengambil resiko dengan menggunakan jasa Biro Jasa daripada konsultan lingkungan. Sebagaimana kami jelaskan pada paragraf di atas bahwa kami menerima banyak keluhan dari client – client kami yang sebelumnya menggunakan biro jasa untuk pengurusan dokumen UKL UPL mereka, akibatnya waktu penyelesaiannya tidak jelas sampai kapan, bahkan ada yang sampai 8 bulan dokumen UKL UPL masih belum selesai.

Mengapa kami berpendapat seperti itu ? karena ada beberapa hal yang membedakan antara biro jasa dengan konsultan lingkungan. Biro jasa hampir selalu menyerahkan kembali pekerjaan dokumen UKL UPL yang diterima dari client kepada pihak lain yang sanggup mengerjakannya. Hal ini terjadi dikarenakan biro jasa pada umumnya tidak mempunyai kapabilitas dan kemampuan untuk membuat kajian lingkungan seperti dokumen UKL UPL yang berkualitas. Sedangkan konsultan lingkungan pada umumnya merupakan alumnus – alumnus dari perguruan tinggi yang mempunyai pengalaman dan latar belakang yang kuat tentang ilmu lingkungan sehingga pekerjaan penyusunan dokumen UKL UPL akan dapat segera diselesaikan tanpa harus menyerahkannya lagi kepada pihak ketiga. jangka waktu pekerjaan penyusunan dokumen UKL UPL pun jauh lebih singkat daripada menggunakan biro jasa.

Jasa Penyusunan UKL UPL Surabaya – Jangka Waktu Pengerjaan Cepat dan Tepat Waktu

Naztama Bumi Raya sebagai konsultan lingkungan yang telah mempunyai pengalaman dan latar belakang yang kuat dalam bidang teknik lingkungan dengan didukung oleh tenaga ahli – tenaga ahli lulusan ITS Surabaya sanggup dan bersedia untuk membantu anda dalam menyusun dokumen UKL UPL yang berkualitas dengan jangka waktu yang sangat singkat dibandingkan dengan konsultan lingkungan ataupun biro jasa. Kami menawarkan jaminan 100% uang anda akan kembali apabila dokumen yang dihasilkan tidak berkualitas dan melebihi jangka waktu yang telah disepakati bersama.

Jasa UKL UPL Surabaya, Dokumen UKL UPL Surabaya
Dokumen UKL UPL yang kami kerjakan selama 3 bulan terakhir

Adapun keunggulan – keunggulan Naztama Bumi Raya adalah sebagai berikut :

  1. Berpengalaman dengan sistem birokrasi BLH Kota Surabaya
  2. Pengerjaan cepat dan tepat waktu ( 100% Money Back Guarantee )
  3. Hasil Pekerjaan dokumen UKL UPL berkualitas ( 100% Money Back Guarantee )
  4. Merupakan Konsultan Lingkungan dengan legalitas jelas dan lengkap dengan kapabilitas menyusun dokumen lingkungan, 100% BUKAN biro jasa.
  5. Free Konsultasi tanpa dibatasi durasi waktu
  6. 100% team kerja merupakan alumnus Teknik Lingkungan ITS Surabaya yang telah diakui kapabilitasnya dalam menyusun dokumen lingkungan hidup.
  7. Free Survey / observasi awal ke lokasi kegiatan usaha.
  8. Untuk informasi lebih jelas dan mendetail mengenai kami, silahkan click jasa UKL UPL Surabaya.

 

NAZTAMA BUMI RAYA

Environmental Engineering & Consulting Services

Profesional . Responsif . Solutif

2 thoughts on “Jasa UKL UPL Surabaya – Alur Proses Perizinan UKL UPL di Kota Surabaya

  1. Frendy Reply

    saya mau tanya biaya pembuatan Dokumen UKL-UPL untuk pembuatan Pabrik Benang berpa?

    • admin Post authorReply

      Kami membutuhkan informasi lebih lengkap tentang kegiatan usaha bapak. Kami telah membalas mengenai permintaan bapak tersebut. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *