Jasa Pembuatan UKL UPL Dalam Pembuatan Dokumen Izin Lingkungan

jasa pembuatan ukl upl

Mendirikan sebuah usaha tidak hanya berfokus pada meraih keuntungan. Seorang pengusaha yang baik turut memperhatikan dampak perusahaannya. Salah satu dampak yang banyak disorot oleh pemerintah, LSM, maupun masyarakat adalah dampak lingkungan. Memang tidak semua perusahaan wajib menyusun AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), namun ada dokumen UKL UPL yang harus dipenuhinya. Kami adalah jasa pembuatan UKL UPL yang siap membantu perusahaan Anda.

Sebelum Anda mendatangi jasa pembuatan UKL UPL, sebaiknya Anda mengetahui apa itu UKL UPL, fungsinya, bahkan landasan hukum negara mengapa mewajibkan pembuatan dokumen ini. Karena dokumen UKL UPL menentukan keputusan dan menjadi dasar apakah izin kegiatan usaha Anda diterbitkan atau tidak. Apabila izin usaha disetujui, maka dokumen UKL UPL menjadi acuan perusahaan dalam mengelola dan melakukan pemantauan lingkungan. Dengan begitu dampak negatif perusahaan terhadap lingkungan dapat diminimalisir, khususnya dari bagian produksi.

Mengetahui Apa Itu UKL UPL

Membicarakan kelestarian lingkungan hidup setiap perusahaan wajib memiliki Izin Lingkungan dalam mendirikan usahanya. Ini diatur secara sah dalam Peraturan Pemerintah RI No. 27 Tahun 2012. Dalam PP tersebut disebutkan bahwa setiap orang wajib AMDAL atau memiliki UKL/UPL apabila ia melakukan kegiatan atau usaha. Baik AMDAL maupun UKL/UPL, keduanya adalah syarat memperoleh izin usaha dan/atau kegiatan. Dengan begitu, tanpa adanya dokumen ini sebuah perusahaan dilarang beroperasi karena dianggap tidak mendukung program pemerintah dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan.

UKL/UPL serupa seperti AMDAL hanya sedikit perbedaannya, yaitu dari skala perusahaan. AMDAL diterapkan untuk perusahaan besar sehingga dampaknya pun dianggap lebih luas. Sedangkan UKL/UPL diperuntukkan perusahaan skala kecil dan menengah namun tetap memiliki dampak terhadap lingkungan. Meski dampak lingkungannya tidak didaftarkan secara resmi seperti AMDAL, tetap perlu dikelola agar lingkungan terjaga dengan baik.

Pembuatan UKL/UPL juga diatur dalam UU RI No. 32 Tahun 2009. UU ini menyebutkan setiap perusahaan yang tidak termasuk kriteria wajib AMDAL harus memiliki dokumen UKL/UPL. Melihat pentingnya peran dokumen ini, maka jangan menunda dalam pembuatannya. Apabila Anda masih bingung dalam hal persyaratan dan prosesnya, ada jasa pembuatan UKL UPL yang akan mendampingi hingga dokumen ini terbit. Mengenai persyaratan pengajuannya, simak pembahasan selanjutnya.

Syarat Pengajuan Izin Lingkungan UKL/UPL

Ada beberapa tahap yang harus dilewati apabila perusahaan Anda ingin memiliki izin lingkungan UKL/UPL. Salah satunya adalah mempersiapkan dokumen sebagai persyaratan pengajuan. Jasa pembuatan UKL UPL akan membantu Anda sejak awal proses hingga penerbitan dokumen. Termasuk dalam memastikan bahwa seluruh dokumen administrasi lengkap, valid, dan sesuai dengan yang dibutuhkan, yaitu:

1. Legalitas Lahan

Diperlukan jaminan sebagai dasar bahwa lahan yang digunakan sah dimiliki oleh si pelaku usaha. Lahan yang Anda gunakan juga harus bebas dari sengketa atau permasalahan lainnya. Legalitas lahan bisa dibuktikan dengan menunjukkan akta tanah, akta jual-beli, atau pun akta sewa jika memang Anda menyewanya dari orang lain.

2. Legalitas Tata Ruang

Apabila Anda memiliki tanah, maka Anda juga memerlukan legalitas tata ruang sebagai izin membangun bangunan di atasnya. Dokumen ini dinamakan dengan SKRK (Situasi Keterangan Rencana Kota tentang Peruntukkan Ruang Kota) yang diperoleh dari Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan Kota. Jika Anda tidak memiliki SKRK, bisa juga melampirkan IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Namun akan lebih baik kalau melampirkan keduanya.

3. Legalitas Perusahaan

Tidak hanya legalitas dari sisi lahan dan bangunan, kegiatan operasional perusahaan pun harus memiliki legalitas. Legalitas perusahaan penting bukan hanya untuk pembuatan UKL UPL saja. Tapi untuk seluruh hal yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan. Dokumen legalitas perusahaan adalah NPWP perusahaan, SIUP, akta pendirian perusahaan, TDP, TDG, dan sebagainya.

4. Data Diri Pemilik Perusahaan / Pemohon

Dokumen ini standar layaknya persyaratan administrasi pada umumnya, yaitu KTP. Apabila KTP sedang dalam proses pencetakan, Anda bisa menggunakan data diri lainnya, seperti SIM atau passport. Data diri yang diberikan tidak harus pemilik perusahaan. Bisa juga sebagai pemohon yang akan bertanggung jawab terhadap perusahaan tersebut. Tapi akan lebih baik seluruh data yang diberikan atas nama si pemilik perusahaan langsung.

5. Legalitas Operasional Lainnya

Legalitas operasional lain ini berhubungan dengan bidang usaha yang dilakukan. Jasa pembuatan UKL UPL dapat menyeleksi mana dokumen yang sekiranya dibutuhkan dan tidak. Kami akan mengusahakan dokumen ini bisa menjadi lampiran pendukung meski masa berlakunya baru saja habis. Asalkan tidak dalam jangka waktu lama.

Seluruh dokumen-dokumen di atas akan kami susun rapi kemudian ajukan untuk pembuatan UKL UPL. Sebagai jasa pembuatan UKL UPL, kami mengusahakan prosesnya berjalan cepat dan dipastikan sesuai prosedur. Anda tidak akan repot berurusan dengan birokrasi karena kami yang akan melakukannya. Hal lain yang selanjutnya perlu Anda ketahui adalah kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan UKL UPL.

Layanan Konsultasi Jasa Pembuatan UKL UPL

Ada beberapa kegiatan yang perlu Anda lakukan terkait dokumen UKL UPL. Namun jangan khawatir, seluruh rangkaian kegiatan di bawah akan kami permudah untuk Anda. Sehingga Anda tidak akan membuang waktu serta biaya banyak selama proses berlangsung. Inilah gambaran beberapa hal yang akan kami lakukan bersama Anda sebagai bentuk layanan jasa pembuatan UKL UPL:

1. Penyusunan Dokumen

Dokumen apa saja yang perlukan telah dibahas di atas. Mulai dari dokumen legalitas hingga data diri si pemilik perusahaan atau pemohon. Sebelum diajukan ke dinas setempat, kami akan merapikannya dan memastikan kalau dokumen-dokumen tersebut telah sesuai.

2. Laporan Implementasi UKL UPL

Setelah dokumen UKL UPL terbit, beberapa perusahaan lupa untuk mengimplementasikan kegiatan pengelolaan lingkungan. Padahal perusahaan harus melaporkan kegiatan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup secara periodik. Laporan ini dilakukan selama 6 (enam) bulan sekali. Karena laporan tersebut tidak sederhana, maka Anda memerlukan jasa pembuatan UKL UPL sebagai pendamping pelaporannya juga. Karena kami pun melayani pelaporan ini disamping pembuatan UKL UPL.

3. Konsultasi dan Layanan Pengurusan Izin Gangguan

Setiap badan usaha perlu memiliki izin gangguan. Izin ini merupakan dokumen yang membuktikan perusahaan layak beroperasi dilihat dari beberapa aspek, termasuk aspek lingkungan. Cakupannya meliputi fungsi tanah, air, udara, dan sebagainya, kemudian dikaitkan dengan dampak-dampak produksi yang dapat mengancam pencemaran lingkungan.

4. Kajian Lingkungan

Semua dokumen izin tidak akan terbit tanpa adanya bukti secara nyata. Ini dilakukan melalui kajian lingkungan yang menguatkan bahwa perusahaan tersebut layak mendapatkan UKL/UPL. Layanan kajian yang kami berikan adalah kajian lingkungan awal (EBA – Environmental Baseline Assessment), kajian drainase, perhitungan beban cemar, dan sebagainya. Tenaga profesional kami akan membantu perusahaan Anda agar dapat beroperasi dengan baik tanpa merusak lingkungan.

5. Kepengurusan Dokumen Lingkungan Lainnya

Hal lain yang perlu Anda lakukan setelah dokumen UKL UPL terbit adalah mengurus dokumen lingkungan lainnya. Mungkin dokumen ini tidak sering digunakan namun sewaktu-waktuu dapat saja dibutuhkan. Beberapa dokumen lainnya yang perlu Anda miliki seperti dokumen pengelolaan limbah B3.

Ada berbagai macam jenis UKL/UPL, misalnya UKL/UPL Rumah Sakit, UKL/UPL Sekolah, UKL/UPL Hotel, dan masih banyak lagi. Jadi jangan dibayangkan kalau kami sebagai penyedia jasa pembuatan UKL UPL hanya melayani perusahaan besar saja. Selama Anda membangun bangunan untuk usaha dan berpotensi memberikan dampak pada lingkungan hidup, maka dokumen UKL/UPL diperlukan.

Informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi tim kami melalui kontak, e-mail, atau datang langsung ke kantor kami. Nomor telepon dan alamat kantor kami ada pada menu Contact Us di situs ini. Kami dengan senang hati akan menjadi partner Anda untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *