Kesulitan Mengurus Dokumen UKL UPL? Gunakan Saja Jasa Konsultan UKL UPL Terbaik

jasa konsultan ukl upl

Ketika ingin mendirikan usaha, pastilah harus ada izin usaha. Namun, izin usaha tidak akan bisa terbit tanpa adanya dokumen UKL UPL. Seringkali dokumen UKL UPL dilewati karena banyak yang menganggap sulit dilakukan. Padahal, UKL UPL sangat penting dan dapat dilakukan oleh jasa konsultan UKL UPL jika mengalami kesulitan.

Jasa konsultan UKL UPL akan menangani semuanya, mulai dari konsultasi UKL UPL sampai membantu kepengurusan UKL UPL hingga terbit. Namun, sebelum memutuskan menggunakan jasa konsultan, sebaiknya ketahui dulu tahapan yang dilalui dalam kepengurusan dokumen UKL UPL. Tahapan ini akan menjelaskan apa yang seharusnya dilakukan bagi pemilik usaha atau jasa konsultasi.

Tahapan Dalam Kepengurusan Dokumen UKL UPL

Dalam pembuatan dokumen UKL UPL tentunya terdapat tahapan yang harus dilalui. Tahapan tersebut tentu harus urut agar menghasilkan UKL UPL yang resmi dan berkualitas. Jika menggunakan konsultan lingkungan, maka dalam tahap ini jasa konsultanlah yang akan melakukannya, Berikut adalah tahapan dalam kepengurusan dokumen UKL UPL:

1. Proses Verifikasi

Tahapan pertama yang harus dilalui yaitu proses verifikasi. Proses ini diawali dengan mengajukan perizinan UKL UPL berupa draft dokumen UKL UPL dan diajukan oleh pemohon. Pemohon bisa berupa pemilik kegiatan usaha maupun yang menggunakan jasa konsultan UKL UPL.

Draft dokumen UKL UPL yang diserahkan haruslah sesuai dengan kaidah penulisan sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 16 Tahun 2012. Peraturan Menteri tersebut menyinggung soal Pedoman penyusunan Dokumen Lingkungan Hidup, yang dalam hal ini merujuk pada dokumen UKL UPL.

Selain draft dokumen UKL UPL, pemohon juga harus melengkapi dokumen administrasi. Dokumen inilah yang kemudian akan diverifikasi oleh instansi terkait. Dalam hal kepengurusan UKL UPL, instansi yang berwenang melakukan verifikasi adalah Badan Lingkungan Hidup. Berikut adalah dokumen administrasi yang harus dilengkapi pemohon:

  • Advice Planning/ Draft SKRK/ SKRK (copy)
  • IMB dan gambar ukuran sebenarnya jika ada (copy)
  • Akta pendirian perusahaan dan perubaannya, apabila atas nama perusahaan (copy)
  • Akta tanah dan akta jual beli/ akta sewa menyewa jika ada (copy)
  • KTP pemohon/ pemilik kegiatan usaha (copy)
  • Gambar ARS
  • Izin operasional lainnya jika ada (copy)

Dokumen yang disebutkan di atas merupakan dokumen basic yang wajib dipenuhi pada umumnya. Namun, apabila jenis usahanya spesifik, maka harus melampirkan dokumen lainnya sesuai peraturan yang berlaku. Apabila lolos pada proses verifikasi, maka dapat lanjut ke tahap berikutnya.

2. Pemeriksaan Teknis

Pemeriksaan teknis adalah tahapan kedua yang dapat dilakukan setelah lolos pada proses verifikasi. Pada tahapan ini, dokumen kelengkapan dan draft UKL UPL telah diterima oleh Badan Lingkungan Hidup. Kemudian, Badan Lingkungan Hidup akan melakukan pemeriksaan atas dokumen yang telah diajukan secara langsung.

Badan Lingkungan Hidup akan memeriksa informasi usaha maupun kegiatan berdasarkan dokumen yang dilampirkan dan draft UKL UPL yang diserahkan. Selain itu, akan diperiksa juga kesesuaian tata ruang serta dampak yang ditimbulkan dari usaha maupun kegiatan yang dilakukan. BLH akan melakukannya berdasarkan metode pengelolaan dan pemantauan sesuai standar yang diterapkan.

Setelah pemeriksaan selesai, maka BLH akan mengembalikan dokumen lampiran beserta draft UKL UPL. Kemudian, BLH akan mengeluarkan surat tanggapan berisi rekomendasi yang harus ditindak oleh pemohon. Rekomendasi tersebut biasanya berisi hal-hal yang wajib diperbaiki oleh pemilik usaha atau jasa konsultan UKL UPL yang menanganinya.

Revisi dokumen tersebut kemudian harus dikerjakan dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Setelah itu, dapat menyerahkan kembali pada Badan Lingkungan Hidup yang berwenang. Biasanya, tahap ini memakan waktu antara satu sampai dengan dua minggu sampai pemeriksaannya benar-benar selesai.

3. Pembahasan Revisi

Setelah LBH memberikan rekomendasi atas dokumen dan draft UKL UPL yang telah diserahkan pemohon berdasarkan pemeriksaan teknis, selanjutnya yaitu pembahasan revisi. Pembahasan revisi tentu dilaksanakan oleh pemilik usaha atau jasa konsultan. Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi revisi yang harus dikerjakan dan mempercepat dikeluarkannya dokumen UKL UPL.

Jika sudah dikerjakan, maka hasil revisi tersebut diserahkan kepada BLH yang berwenang. Kemudian, BLH akan memeriksa dokumen serta draft UKL UPL yang telah direvisi sesuai dengan Surat Tanggapan yang dikeluarkan. Namun, BLH hanya fokus pada dokumen yang diminta direvisi, sehingga tidak semua dokumen dan draft UKL UPL ditinjau kembali.

Dengan begitu, pada tahap ini, BLH tidak lagi memeriksa dokumen administrasi maupun prosedur yang harus dilaksanakan. Penyerahan dokumen dan draft UKL UPL akan diserahkan langsung pada staf BLH oleh pemilik usaha atau jasa konsultan UKL UPL. Pertemuan langsung ini dimaksudkan agar dapat membahas bersama-sama revisi dokumen yang diminta.

4. Presentasi Dokumen UKL UPL

Proses keempat yaitu presentasi dokumen UKL UPL. Namun, proses ini tidak semua dilalui oleh pemilik usaha karena hanya jenis usaha tertentulah yang diwajibkan melakukan proses ini. Apabila BLH menganggap bahwa usaha tersebut cukup dengan pemeriksaan teknis oleh BLH sesuai dengan tahap 3, maka tahap ini dapat dilewati.

Namun, apabila BLH menganggap harus ada pemaparan lebih lanjut mengenai usaha maupun kegiatan yang dilakukan, maka proses ini harus dijalankan. Biasanya yang melewati tahapan ini adalah jenis usaha yang membutuhkan koordinasi dengan instansi lain maupun masyarakat atau tokoh penting setempat.

Dalam tahapan ini akan dilakukan pembahasan teknis lebih mendalam dan lebih rinci. Tentunya pembahasan tersebut akan dihadiri dengan pemilik usaha maupun jasa konsultasi UKL UPL, BLH, dan instansi dan tokoh masyarakat terkait.

5. Menunggu Penerbitan Dokumen UKL UPL

Jika sudah melalui empat tahapan yang telah dijelaskan di atas, maka selanjutnya yaitu menunggu penerbitan dokumen UKL UPL. Namun, sebelum dikeluarkannya dokumen UKL UPL, akan dikeluarkan dahulu rekomendasi persetujuan UKL UPL. Rekomendasi persetujuan UKL UPL tersebut akan dikeluarkan oleh BLH.

Rekomendasi tersebut akan dikeluarkan tentunya apabila dokumen dan draft UKL UPL telah lengkap. Selain itu, juga harus mengerjakan revisi yang telah dikeluarkan oleh BLH yang berwenang. Revisi tersebut harus dipastikan benar dan sesuai aturan yang ada, sehingga tidak ada perbaikan lagi.

Jika semuanya sudah dilewati, maka BLH akan mengeluarkan rekomendasi persetujuan dokumen UKL UPL. Penerbitan rekomendasi persetujuan dokumen UKL UPL akan memakan waktu sekitar satu sampai dua minggu. Karena memakan waktu yang cukup lama, maka hindarilah revisi dengan menyerahkannya ke pihak yang tepat, seperti jasa konsultan UKL UPL.

6. Pengesahan Dokumen UKL UPL

Setelah diterbitkannya rekomendasi persetujuan dokumen UKL UPL, maka akan dikeluarkan dokumen resmi UKL UPL. Dokumen yang telah final tersebut wajib dijilid dan mendapatkan stempel pengesahan final dari BLH terkait. Stempel tersebut dapat dijadikan bukti bahwa dokumen tersebut sudah resmi terdaftar dan terdokumentasi dalam arsip BLH.

Oleh karena itu, pastikan tahap ini dilakukan dengan benar dan tidak melewati aturan yang berlaku. Setelah dijilid dan mendapatkan bukti stempel, maka dokumen UKL UPL tersebut sudah resmi dan dapat digunakan untuk kepengurusan izin lainnya. Pada tahap ini biasanya hanya memakan waktu satu hari kepengurusan.

Jasa Konsultan UKL UPL Terbaik dan Berkualitas

Di atas telah dijelaskan mengenai tahapan yang harus dilakukan ketika ingin membuat dokumen UKL UPL. Tahapan tersebut haruslah detail karena mempengaruhi hasil penerbitan dokumen UKL UPL. Apabila mengalami kesulitan dalam melakukannya, hubungi kami karena kami adalah penyedia jasa konsultan UKL UPL terbaik dan berkualitas. Dijamin, Anda tidak lagi perlu pusing mengurusi soal pembuatan dokumen UKL UPL.

Tim kami profesional dan terpercaya karena seluruh tim kami ahli dibidang lingkungan hidup. Tidak perlu ragu soal legalitas dan kompetensi karena tim kami memiliki sertifikasi keahlian kompetensi yang terdaftar pada lembaga resmi. Segera hubungi kami, jasa konsultan UKL UPL terbaik maka UKL UPL Anda akan cepat terbit dengan tepat waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *