Jasa Pembuatan IPAL Rumah Sakit Profesional

ipal rumah sakit

Rumah sakit adalah salah satu fasilitas publik yang bisa menjadi salah satu sumber pencemaran air yang sangat potensial. Hal itu karena limbah rumah sakit mengandung senyawa organik dan kimiawi yang sangat tinggi. Oleh sebab itu dibutuhkan IPAL rumah sakit agar tidak menimbulkan masalah serius bagi lingkungan yang berdampak pada kesehatan masyarakat.

Apakah IPAL Rumah Sakit Itu?

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan IPAL rumah sakit yang memiliki fungsi sangat penting bagi keseluruhan instansi rumah sakit dan lingkungan? IPAL rumah sakit adalah instalasi yang dibuat untuk mengolah air limbah yang dihasilkan rumah sakit selama proses melakukan pelayanan medis. Instalasi ini sangat penting dimiliki oleh rumah sakit sebagai fasilitas pelayanan kesehatan.

Pentingnya IPAL Bagi Rumah Sakit

IPAL memiliki fungsi yang sangat penting bagi sebuah institusi pelayanan kesehatan seperti rumah sakit yang menghasilkan banyak air limbah. Begitu pentingnya sehingga rumah sakit harus memiliki IPAL sendiri di dalamnya. Berikut ini pentingnya IPAL bagi sebuah rumah sakit:

1. Pengendalian Pencemaran Biologis Dan Kimiawi Air

IPAL memiliki fungsi yang sangat penting bagi sebuah institusi pelayanan kesehatan seperti rumah sakit yang selalu menghasilkan air limbah setiap waktu. Dari proses pelayanan medis yang terjadi di dalam rumah sakit ada hasil samping berupa air limbah yang penuh dengan cemaran.

Air limbah dari rumah sakit ini mengandung zat organic dan kimiawi yang tinggi dan bersifat mencemari. Jika air limbah tersebut langsung dibuang begitu saja ke alam maka akan mencemari lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu harus dilakukan pengendalian atau pengolahan di dalam rumah sakit.

Hal ini untuk mengendalikan kandungan zat biologis dan kimiawi yang ada di dalam air limbah. Dengan demikian IPAL menjadi sangat penting bagi sebuah RS karena mampu mengolah dan mengendalikan kadar cemaran yang ada di dalam air limbah.

2. Untuk Meningkatkan Kualitas Air

Air limbah adalah air yang memiliki kualitas sangat rendah dan tidak patut untuk digunakan kembali atau bahkan hanya sekedar dibuang di sungai. Rumah sakit menghasilkan air limbah yang sangat berbahaya karena mengandung cemaran organik atau biologis yang sangat tinggi dari proses pelayanan medis.

Selain cemaran biologis dalam air limbah rumah sakit juga mengandung zat kimiawi yang tinggi dari proses pengobatan dalam pelayanan medisnya. Cemaran-cemaran ini yang membuat kualitas air limbah menjadi sangat rendah penting memiliki IPAL untuk meningkatkan kualitas air. Dengan adanya IPAL untuk mengolah limbah maka kualitas air limbah akan meningkat dan layak dibuang ke sungai tanpa mencemari.

3. Tidak Mencemari Lingkungan Sekitar

Sudah disinggung di poin sebelumnya bahwa tujuan pengolahan limbah adalah menghilangkan zat cemaran di dalam air tersebut. Bagi rumah sakit atau institusi lainnya yang memiliki hasil sampingan air limbah memang diwajibkan melakukan pengolahan limbah terlebih dahulu sebelum membuangnya. Oleh sebab itu dibutuhkan IPAL di dalam rumah sakit untuk melakukan pengolahan air limbah sebagai hasil samping dari pelayanan kesehatan yang dilakukan.

Dengan melakukan pengolahan air limbah maka kandungan zat biologis dan kimiawi yang tinggi di dalamnya akan menurun atau bahkan hilang. Air limbah yang sudah dibuang akan menjadi layak dan boleh dibuang ke sungai tanpa mencemari lingkungan di sekitarnya.

4. Tidak Menyebabkan Masalah Kesehatan Bagi Masyarakat

Membuang air limbah yang masih tercemar zat biologis dan kimiawi ke lingkungan akan sangat berbahaya karena akan mencemari lingkungan. Lingkungan yang tercemar akan menyebabkan banyak masalah kesehatan bagi penghuninya yaitu masyarakat sekitar. Oleh sebab itu dibutuhkan teknologi untuk melakukan pengolahan limbah agar tidak mencemari lingkungan dan menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka panjang.

Rumah sakit harus memiliki IPAL untuk mengolah limbahnya agar tidak menyebabkan pencemaran atau masalah kesehatan di masyarakat. Dengan demikian upaya preventif rumah sakit untuk mencegah masalah kesehatan masyarakat juga telah dilakukan.

5. Mematuhi Ketentuan Yang Berlaku

Selain berbagai manfaat penting yang bisa diberikan IPAL untuk rumah sakit, sebenarnya IPAL penting dimiliki RS karena memang merupakan ketentuan. Pemerintah telah mengeluarkan peraturan dan ketentuan yang harus dipatuhi RS perihal IPAL ini. Oleh sebab itu IPAL sangat penting bagi RS agar tidak mendapatkan sanksi administratif dari pemerintah.

Bagi rumah sakit yang tidak memiliki IPAL maka akan terancam tidak mendapatkan izin melakukan pelayanan kesehatan sesuai dengan fungsinya. Untuk itu penting membangun IPAL dalam sebuah rumah sakit untuk menjalankan ketentuan yang berlaku di Indonesia.

Itulah pentingnya IPAL bagi rumah sakit sehingga harus didirikan dengan benar dan sesuai aturan yang berlaku. Semua aturan tentang limbah dan pencemaran telah diatur dalam undang-undang Kementerian Lingkungan Hidup sehingga harus dipatuhi. Untuk lebih jelasnya di bawah ini akan diterangkan tentang ketentuan IPAL Rumah sakit yang berlaku.

Ketentuan IPAL Untuk Rumah Sakit

Salah satu pentingnya memiliki IPAL bagi rumah sakit memang menggugurkan kewajiban atau mematuhi aturan yang berlaku di Indonesia. Banyak ketentuan dibuat oleh pemerintah yang mewajibkan rumah sakit untuk memiliki IPAL. Berikut ini ketentuan-ketentuan yang berlaku untuk IPAL rumah sakit:

  • Undang-undang nomor 32 2009 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup
  • PP No.82/2001 tentang Pengelolaan kualitas air dan pencemaran air
  • UU nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit
  • Kepmen Negara Lingkungan Hidup No.58 tahun 1995 tentang Baku mutu limbah cair bagi kegiatan rumah sakit dan lainnya
  • PP 18/1999 pasal 3

Dalam semua aturan-aturan di atas memang mewajibkan IPAL bagi instansi pelayanan kesehatan seperti rumah sakit. Peraturan-peraturan tersebut dibuat tidak lain karena begitu bahayanya air limbah rumah sakit bagi lingkungan hidup di sekitarnya sehingga harus diatur. Dengan melihat sangat berbahayanya dan urgensi dari pengolahan air limbah rumah sakit ini maka mendirikannya pun tidak boleh sembarangan harus ditangani oleh ahlinya.

Jasa Pembuatan IPAL Rumah Sakit Profesional

Kami adalah jasa pembuatan IPAL rumah sakit yang bisa melayani anda secara professional dengan kompetensi yang kami miliki. Dengan pengalaman dan kemampuan kami dalam membuat instalasi pengolahan air limbah kami akan berusaha membuat IPAL terbaik bagi RS anda. Kami sangat tahu bagaimana ketentuan IPAL bagi RS yang baik dan benar dengan demikian kami mampu membangun Instalasi yang sesuai ketentuan yang berlaku.

Proses pengerjaan yang cepat dan disesuaikan dengan karakteristik air limbah di rumah sakit sehingga IPAL bisa segera difungsikan. Rumah sakit pun tidak akan menghasilkan limbah berbahaya lagi jika anda menggunakan jasa kami untuk membuat IPAL terbaik dan berkualitas.

Tertarik dengan penawaran yang kami berikan? Segera hubungi kami untuk mendapatkan IPAL terbaik bagi RS tempat anda. Menjadi institusi kesehatan yang menyehatkan masyarakat adalah tanggung jawab sebuah rumah sakit. Kami akan membantu rumah sakit anda untuk membuat instalasi pengolahan limbah agar tidak menyebabkan pencemaran bagi lingkungan hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *